Pengertian Kecemasan (anxiety)

Kecemasan atau dalam Bahasa Inggrisnya “anxiety” berasal dari Bahasa Latin “angustus” yang berarti kaku, dan “ango, anci” yang berarti mencekik.

Menurut Freud (dalam Alwisol, 2005:28) mengatakan bahwa kecemasan adalah fungsi ego untuk memperingatkan individu tentang kemungkinan datangnya suatu bahaya sehingga dapat disiapkan reaksi adaptif yang sesuai.. Kecemasan berfungsi sebagai mekanisme yang melindungi ego karena kecemasan memberi sinyal kepada kita bahwa ada bahaya dan kalau tidak dilakukan tindakan yang tepat maka bahaya itu akan meningkat sampai ego dikalahkan.

Read the rest of this entry »

Kata kunci pencarian:

pengertian anxiety, arti anxiety, definisi anxiety, definisi kecemasan, pengertian kecemasan, anxiety artinya, ANXIETY arti, arti kata anxiety, arti dari anxiety, definisi cemas, makalah tentang kecemasan, teori anxiety, tingkat kecemasan menurut who, arti kecemasan, laporan pendahuluan kecemasan, yhs-004, apa arti anxiety, arti anxious, makna anxiety, defenisi kecemasan

Metode Penelitian dalam Psikologi

Ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku dan proses mental :

  • Tidak boleh memiliki bias
  • Objektif

1. Metode Eksperimental

Kontrol Variabel

Para peneliti cermat mengendalikan kondisi - seringkali di laboratorium - dan melakukan pengukuran untuk menemukan hubungan antara variabel (variabel adalah sesuatu yang dapat terjadi dengan nilai yang berbeda. Yang membedakan metode eksperimental dengan metode ilmiah lainnya adalah kemampuan metode eksperimental untuk mengendalikan secara teliti.

- Variabel independen (yang bisa diotak-atik) dan variabel dependen (variabel hasil).

Metode eksperimen dapat digunakan di luar maupun di dalam laboratorium. Walaupun sebagian besar dilakukan di laboratorium khusus, terutama karena diperlukan instrumen yang presisi untuk mengendalikan presentasi stimuli dan untuk mendapatkan penilaian oerilaku yang tepat.

Rancangan Eksperimen

Dimaksudkan sebagai prosedur yang digunakan untuk mengumpulkan data. Rancangan eksperimen yang paling sederhana adalah dimana peneliti memanipulasi satu variabel independen dan mempelajari efeknya pada satu variabel dependen. Karena semua hal lainnya dipertahankan konstan kecuali variabel independen, pada akhir eksperimen dapat dibuat pernyataan sebagai berikut : “Dengan semua lainnya konstan, jika X ditingkatkan, Y juga meningkat.” Atau pada kasus lain : “Jika X ditingkatkan, Y menurun.”

Kadang-kadang eksperimen hanya memfokuskan pada pengaruh satu kondisi yang dapat ada atau tidak ada. Rancangan eksperimen ini memberikan nama kelompok eksperimental jiika kondisi ada dan kelompok kontrol jika kondisi tidak ada.

Penelitian yang melibatkan manipulasi simultan (serentak) beberapa variabel dinamakan eksperimen multivariasi dan seringkali digunakan dalam riset psikologi.

Read the rest of this entry »

Kata kunci pencarian:

metode penelitian psikologi, metode penelitian dalam psikologi, metodologi penelitian psikologi, metode psikologi sosial, metode-metode penelitian psikologi, metode penyelidikan dalam psikologi, metode penelitian dalam psikologi sosial, penelitian dalam psikologi, metode-metode penelitian dalam psikologi, metode ilmiah dalam psikologi, metode dalam psikologi, metode dalam penelitian psikologi, metodologi penelitian dalam psikologi, metode-metode dalam psikologi, metode metode penelitian dalam psikologi, metode dalam psikologi sosial, metode penelitian psikologi umum, metode-metode ilmiah dalam psikologi, metodologi penelitian psikologi sosial, metode metode penelitian psikologi

Pengertian dan Definisi Psikologi

Dalam perjalanan sejarahnya yang singkat, psikologi telah didefinisikan dalam berbagai cara. Secara etimologis “Psikologi” berasal dari bahasa Yunani: Psyche dan logos. Psyche artinya jiwa dan logos berarti ilmu.

Dalam bahasa Arab, psikologi disebut dengan “Ilmu an Nafsi”. Yang belakangan kemudian dikembangkan menjadi satu ilmu bernama “Nafsiologi”. Dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan “Ilmu Jiwa”.

Sedangkan para ahli psikologi terdahulu, mendefinisikan bidang mereka sebagai “suatu kegiatan mental”. Dengan berkembangnya aliran behaviorisme tahun 1930-an sampai 1960-an yang menekankan pada studi yang dapat mengukur fenomena secara objektif, maka psikologi didefinisikan sebagai “studi mengenai perilaku”. Namun setelah Psikologi kognitif dan fenomenologis menyusul perkembangan tersebut, maka definisi psikologi sekarang mencakup acuan mengenai “studi mengenai proses perilaku dan mental”.

Read the rest of this entry »

Kata kunci pencarian:

yhs-fullyhosted_003, yhs-fh_lsonsw, pengertian psikologi, yhs-mystartdefault, pengertian psikologi ilmiah, jelaskan pengertian psikologi, jelaskan definisi psikologi, pengertian psikologi umum, pengertian proses mental, Pengertian pengantar psikologi, pengertian dan definisi psikologi, pengertian psikologi secara etimologi, kesimpulan psikologi, definisi psikologi umum, Jelaskan psikologi, definisi psikologi kognitif, pengertian psikologi secara umum, jelaskan pengertian psikologi belajar, pengertian kajian psikologi, pengertian definisi psikologi dan manusia

Bimbingan dan Konseling Karir

Definisi

Definisi dari The National Guidance Association, diadopsi dari Super (1951), adalah “proses membantu seseorang mengembangkan menerima gambaran diri yang terintegrasi dan adekuat dan peranannya dalam dunia kerja, mengetes konsepnya dalam realitas, dengan kepuasan bagi dirinya dan keuntungan bagi masyarakat” (Sears, 1982).

Definisi ini menjelaskan bahwa pandangan tentang bimbingan karir akhir-akhir ini berorientasi konsep diri dan terutama terfokus pada pengenalan diri dan penerimaan diri, dan ini dapat dikaitkan dengan alternatif-alternatif okupasional dan pendidikan yang tersedia bagi individu yang bersangkutan. Hal ini sejalan dengan perspektif perkembangan yang menerima pandangan tahap perkembangan kehidupan (life span developmental view) bimbingan karir.

Read the rest of this entry »

Kata kunci pencarian:

bimbingan dan konseling karir, pengertian bk karir, artikel pengertian konseling karir, bimbingan konseling karir, psikologi karir, pengertian bimbingan konseling karir, pengertian konseling karir, bk karir, definisi konseling karir, makalah bk karir, teori bk karir, konseling vokasional, makalah bimbingan konseling karir 2010, makalah bimbingan konseling karir, yhs-per_003, pengertian bk karier, makna atau pengertian karir pdf, konseling vokasional dan karir, karir dalam psikologi, fdf materi psikologi karir

Teori Anne Roe tentang Kepribadian dan Perilaku Okupasional

Ann Roe adalah seorang guru besar di University of Arizona. Salah satu teori yang dihasilkan oleh Ann Roe adalah tentang pilihan jabatan yang akan coba kita bahas berikut ini.

Menurut Osipow, teori Osipow memiliki tiga komponen penting, yaitu :

  1. Penggunaan konsep kanalisasi energi psikis dan bahwa pengalaman - pengalaman pada masa anak- anak awal mungkin berhubungan dengan pilihan vokasional.
  2. Teori hirarki kebutuhan Maslow.
  3. Pengaruh genetik terhadap keputusan- keputusan vokasional.

    Read the rest of this entry »

    Kata kunci pencarian:

    teori perkembangan kepribadian anne roe, anne roe, riwayat anne roe