PERAN MINAT TERHADAP JABATAN

  1. Pengertian Minat

Menurut John Holland, minat adalah aktivitas atau tugas-tugas yang membangkitkan perasaan ingin tahu, perhatian, dan memberi kesenangan atau kenikmatan. Minat dapat menjadi indikator dari kekuatan seseorang di area tertentu di mana dia akan termotivasi untuk mempelajarinya dan menunjukkan kinerja yang tinggi. Bakat akan sulit berkembang dengan baik apabila tidak diawali dengan adanya minat pada bidang yang akan ditekuni.

Minat, menurut Chauhan (1978) pada orang dewasa menentukan aturan penting dalam perkembangan pribadi dan prilaku mereka. Minat adalah hal penting untuk mengerti individu dan menuntun aktivitas dimasa yang akan datang. Krapp, Hidi, dan Renninger (Pintrich dan Schunk, 1996) membagi definisi minat secara umum menjadi tiga, yaitu: minat pribadi, minat situasi dan minat dalam ciri psikologi. Diantaranya adalah sebagai berikut :

a)    Minat pribadi, diartikan sebagai karakteristik kepribadian seseorang yang relatif stabil, yang cendrung menetap pada diri seseorang. Minat pribadi biasanya dapat langsung membawa seseorang pada beberapa aktifitas atau topik yang spesifik. Minat pribadi dapat dilihat ketika seseorang menjadikan sebuah aktivitas atau topik sebagai pilihan untuk hal yang pasti, secara umum menyukai topik atau aktivitas tersebut, menimbulkan kesenangan pribadi serta topik atau aktivitas yang dijalani memiliki arti penting bagi seseorang tersebut.

Read the rest of this entry »

Kata kunci pencarian:

minat jabatan, klerikal adalah, teori minat dalam psikologi, contoh minat jabatan, minat dan konsep pribadi, teori psikologi industri dan organisasi, Pengertian minat menurut John Holland, teori psikologi industri, psikologi industri dan organisasi, content, tes Kuder, jenis pekerjaan klerikal, pengertian pekerjaan klerikal, minat dan harapan, teori minat holland, contoh minat dan konsep pribadi, tes scii, minat jabatan dan alasan, DATA MINAT DAN KONSEP PRIBADI, minat jabatan dan alasannya

Teori Humanisme

Beberapa psikolog pada waktu yang sama tidak menyukai uraian aliran psikodinamika dan behaviouristik tentang kepribadian. Mereka merasa bahwa teori-teori ini mengabaikan kualitas yang menjadikan manusia itu berbeda dari binatang, seperti misalnya mengupayakan dengan keras untuk menguasai diri dan merealisasi diri. Di tahun 1950-an, beberapa psikolog aliran ini mendirikan sekolah psikologi yang disebut dengan humanisme.

Psikolog humanistik mencoba untuk melihat kehidupan manusia sebagaimana manusia melihat kehidupan mereka. Mereka cenderung untuk berpegang pada prespektif optimistik tentang sifat alamiah manusia. Mereka berfokus pada kemampuan manusia untuk berfikir secara sadar dan rasional untuk dalam mengendalikan hasrat biologisnya, serta dalam meraih potensi maksimal mereka. Dalam pandangan humanistik, manusia bertanggung jawab terhadap hidup dan perbuatannya serta mempunyai kebebasan dan kemampuan untuk mengubah sikap dan perilaku mereka.

Read the rest of this entry »

Kata kunci pencarian:

teori humanistik, teori humanisme, teori psikologi humanistik, pengertian humanisme, pengertian humanistik, psikologi humanisme, teori humanistik psikologi, teori humanistik pdf, teori psikologi humanisme, teori humanistik dalam psikologi, psikologi humanistik, pengertian teori humanistik, teori humanisme pdf, humanisme pdf, arthur combs, teori humanisme abraham maslow, kritik terhadap teori humanistik, psikologi humanistik pdf, psikologi kritik, makalah psikologi humanistik