Aliran Fungsionalisme

Fungsionalisme adalah aliran psikologi yang memandang bahwa manusia harus dipandang secara menyeluruh. Apa yang dilakukan manusia sebagai aksi adalah hal yang kompleks yang merupakan manifestasi dari jiwa dan mempunyai maksud tertentu bukan hanya disebabkan oleh sesuatu hal. Fungsionalisme memandang bahwa pikiran, proses mental, persepsi indrawi, dan emosi adalah adaptasi organisme biologis.

Beberapa ciri fungsionalisme diantaranya adalah menekankan fungsi dibanding elemen mental, memandang penting kemampuan individu untuk berubah sesuai tuntutan lingkungannya, serta menerima berbagai metode dalam mempelajari aktivitas mental manusia.

Terdapat dua metode yang digunakan dalam fungsionalisme, yaitu : Metode observasi tingkah laku terbagi menjadi Metode Fisiologis dan Metode Variasi Kondisi, serta Metode Instrospeksi.

Read the rest of this entry »

Kata kunci pencarian:

aliran fungsionalisme, fungsionalisme, psikologi fungsionalisme, pengertian fungsionalisme, definisi psikologi, aliran psikologi fungsionalisme, aliran fungsionalisme dalam psikologi, fungsionalisme psikologi, metode variasi kondisi dari james, maksud anxiety, metode fungsionalisme, aliran fungsionalisme psikologi, fungsionalisme dalam psikologi, aliran fungsionalis, pengertian aliran fungsionalisme, pengertian psikologi fungsionalisme, pengertian metode fungsionalisme, aliran fungsionalisme william james, pengertian nafsiologi, psikologi fungsionalis

Pengertian, Teori, Tahap, Jenis, dan Faktor yang Mempengaruhi Hubungan Interpersonal

Hubungan interpersonal adalah dimana ketika kita berkomunikasi, kita bukan sekedar menyampaikan isi pesan, tetapi juga menentukan kadar hubungan interpersonalnya. Jadi ketika kita berkomunikasi kita tidak hanya menentukan content melainkan juga menentukan relationship.

Dari segi psikologi komunikasi, kita dapat menyatakan bahwa makin baik hubungan interpersonal, makin terbuka orang untuk mengungkapkan dirinya; makin cermat persepsinya tentang orang lain dan persepsi dirinya; sehingga makin efektif komunikasi yang berlangsung diantara komunikan.

Teori Mengenai Hubungan Interpersonal

Ada beberapa teori yang menjelaskan mengenai hubungan interpersonal, yaitu:

1. Model Pertukaran Sosial

Model ini memandang hubungan interpersonal sebagai suatu transaksi dagang. Orang berhubungan dengan orang lain karena mengharapkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhannya. Thibault dan Kelley, dua orang pemuka dari teori ini menyimpulkan model pertukaran sosial sebagai berikut: “Asumsi dasar yang mendasari seluruh analisis kami adalah bahwa setiap individu secara sukarela memasuki dan tinggal dalam hubungan sosial hanya selama hubungan tersebut cukup memuaskan ditinjau dari segi ganjaran dan biaya“.

Read the rest of this entry »

Kata kunci pencarian:

pengertian interpersonal, pengertian interpersonal relationship, definisi interpersonal, faktor yang mempengaruhi hubungan interpersonal, teori psikologi umum, jenis-jenis hubungan interpersonal, jenis hubungan interpersonal, pengertian interpersonal development, kajian psikologi komunikasi, teori interpersonal, makalah hubungan interpersonal, teori interpersonal relationship, definisi interpersonal relationship, faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan interpersonal, teori tentang hubungan interpersonal, pengertian kajian teori, pengertian interpersonal relationships, jelaskan teori hubungan interpersonal, tahapan psikologi intrapersonal, 10 pengertian psikologi komunikasi

Aliran Asosiasi

Aliran asosiasi merupakan pengembangan dari empirisme pada masa Renaisans yang menguatkan studi tentang manusia. Aliran asosiasi merupakan bagian dari psikologi kontemporer abad 19 yang mempercayai bahwa proses psikologi pada dasarnya adalah ‘asosiasi ide.’ Aliran ini masih merupakan pendapat-pendapat beberapa tokoh mengenai manusia dan jiwa manusia. Awal mula munculnya aliran asosiasi yaitu berawal dari pemikiran tentang hukum-hukum asosiasi misalnya contiguity dan similarity (John Locke, George Berkeley, David Hume) dan cause-effect (David Hume) oleh penganut paham empirisme.

Read the rest of this entry »

Kata kunci pencarian:

aliran asosiasi, psikologi asosiasi, aliran psikologi asosiasi, contoh psikologi asosiasi, pengertian asosiasi dalam psikologi, pengertian psikologi asosiasi, pengertian aliran asosiasi, aliran asosiasi dalam psikologi, aliran asosiasi psikologi, asosiasi psikologi, asosiasi dalam psikologi, contoh aliran asosiasi, makalah asosiasi, definisi psikologi asosiasi, psikologi asosiasi adalah, psikologi assosiasi, pengertian asosiasi menurut psikologi, Pengertian asosiasi, aliran psikologi belajar asosiasi, artikel contoh psikologi asosiasi