Dinamika Perkembangan: Pertumbuhan, Kematangan, dan Pembelajaran

Perkembangan mental dalam psikologi adalah pengetahuan yang mempelajari pertumbuhan, perkembangan, dan perubahan perilaku manusia dari awal sampai akhir (mati).

Pelajaran siklus hidup yang luas hanya ada baru-baru ini dimunculkan sebagai pengejaran dari penelitian ilmiah, terutama dalam perbandingan pada penyelidikan dari masa anak-anak dan para remaja, yang mana mereka menjadi pusat perhatian buku-buku ilmiaH. Alasan ketidaklancaran hal ini adalah: Pertama, harapan hidup pada masa lampau relative rendah. Kedua, harapan hidup yang relative rendah itu mengasumsikan bahwa masa dewasa adalah masa-masa yang mudah dipahami daripada pengalaman masa anak-anak. Jadi masa dewasa diamati sebagai produk akhir yang lebih baik sebagai lanjutan dari pengembangan seseorang. Ketiga, masa bayi, anak-anak, dan remaja menyajikan para peneliti dengan nyata dan dengan perubahan yang dapat dilihat ─khususnya : fisik, mental, dan perbadaan personal─ untuk dipelajari.

Read the rest of this entry »

Kata kunci pencarian:

metode penelitian psikologi sosial, psikologi perkembangan, dinamika perkembangan, masa anak-anak, masa kanak-kanak, pengertian dinamika perkembangan, metode penelitian psikologi perkembangan, dinamika perkembangan sosial, masa anak anak, masa kanak-kanak adalah, masa kanak kanak, dinamika perkembangan remaja, dinamika perkembangan manusia, pertumbuhan dan perkembangan bagi dinamika, pengertian dinamika perkembangan serta contohnya, jelaskan apa yang di maksud dengan dinamika perkembangan sosial, dinamika psikologi perkembangan, dinamika perkembangan adalah, contoh dinamika perkembangan peserta didik, dinamika perkembangan dalam psikologi

Perkembangan periode awal masa kanak-kanak

Masa kanak-kanak dimulai setelah melewati masa bayi yang penuh ketergantungan, yakni kira-kira usia dua tahun sampai saat anak matang secara seksual, kira-kira tiga belas tahun untuk perempuan dan empat belas tahun untuk laki-laki. Setelah anak matang secara seksual, maka ia disebut remaja.

Pada saat ini, secara luas diketahui bahwa masa kanak-kanak harus dibagi lagi menjadi dua periode yang berbeda yaitu:

  • Periode awal masa kanak-kanak, yang berlangsung dari usia dua sampai enam tahun.
  • Periode akhir masa kanak-kanak, yang berlangsung dari usia enam tahun sampai tiba saatnya anak matang secara seksual.

    Read the rest of this entry »

    Kata kunci pencarian:

    perkembangan masa kanak-kanak awal, perkembangan masa kanak-kanak, jurnal psikologi perkembangan kanak-kanak, psikologi perkembangan masa kanak-kanak, perkembangan masa anak-anak awal, perkembangan kanak-kanak awal, psikologi perkembangan masa anak-anak

KEPRIBADIAN TIPE A DAN B

Kepribadian mempunyai banyak pengertian yang disebabkan dalam penyusunan teori, penelitian, dan pengukuran dari beberapa ahli.

Menurut Kartono (1979:8) kata personality berasal dari bahasa latin persona yang artinya kedok atau topeng. Topeng ini biasanya digunakan oleh pemain teater Yunani untuk memerankan satu bentuk tingkah laku dan karakter tertentu. Personality juga berasal dari personare yang artinya menembus, maksudnya dengan menggunakan topeng dapat menembus keluar untuk mengekspresikan satu bentuk tingkah laku tertentu. Pesona merupakan gambaran salah satu bentuk atau tipe individu tertentu.

Jung (dalam Kartono, 1979:8) menyatakan pesona itu merupakan topeng bagi individu sepanjang hidupnya yang berfungsi sebagai benteng pelindung untuk menutupi dan melindungi diri sendiri agar mempunyai penampilan yang menyenangkan dan lebih baik.

Read the rest of this entry »

Kata kunci pencarian:

kepribadian tipe A, pengertian perfeksionis, kepribadian tipe a dan b, tipe kepribadian a dan b, tipe kepribadian b, tipe kepribadian A, perilaku tipe a, teori perfeksionis, teori tipe perilaku a dan b, perbedaan kepribadian tipe a dan b, kpribadian type b, teori tipe perfeksionis, pola kepribadian tipe A adalah, perfeksionisme kajian psikologi, perbedaan kepribadian tipe a dan tipe b, pengertian kepribadian tipe b, pengertian kepribadian tipe A dan B, dimaksud prilaku tipe A

Sudut Pandang KDRT Dalam Psikologi Klinis

KDRT terhadap istri adalah segala bentuk tindak kekerasan yang dilakukan oleh suami terhadap istri yang berakibat menyakiti secara fisik, psikis, seksual dan ekonomi, termasuk ancaman, perampasan kebebasan yang terjadi dalam rumah tangga atau keluarga. Selain itu, hubungan antara suami dan istri diwarnai dengan penyiksaan secara verbal, tidak adanya kehangatan emosional, ketidaksetiaan dan menggunakan kekuasaan untuk mengendalikan istri. Setelah membaca definisi di atas, tentu pembaca sadar bahwa kekerasan pada istri bukan hanya terwujud dalam penyiksaan fisik, namun juga penyiksaan verbal yang sering dianggap remeh namun akan berakibat lebih fatal dimasa yang akan datang.

Read the rest of this entry »

Kata kunci pencarian:

hubungan kdrt dengan psikologi, artikel tentang psikologi, teori kdrt, psikologi artikel, hubungan kdrt dengan psikologi komunitas, kdrt dalam psikologi, kdrt dalam sudut pandang, kepasrahan salam sudut pandang psikologi, sudut pandang mengenai KDRT

PROSES MEMORI

Sebelum ilmu pengetahuan modern mengenai otak, yaitu neurofisiologi dan psikologi, mengungkapkan kekuatan dan potensi yang luar biasa dari otak manusia, bangsa Yunani telah menemukan bahwa kinerja mental dapat ditingkatkan secara luar biasa dengan menggunakan teknik tertentu.

Bangsa Yunani mengembangkan sistem memori mendasar yang disebut mnemonik (yang membantu ingatan), sebuah nama yang diambil dari nama Dewi Memori yang mereka puja yaitu Mnemosyne. Teknik mnemonic ini dipertukarkan diantara anggota kaum intelektual yang elit di masa itu, dan dipergunakan untuk tugas mengingat hal yang sangat banyak dengan prestasi tinggi dalam masyarakat yang memberikan kekuatan pribadi, ekonomi, politik, dan militer kepada orang yang melakukannya. Jadi bangsa Yunani adalah Gladiator pikiran, dimana stadionnya adalah gelanggang intelektual dan senjata utamanya adalah memori.

Read the rest of this entry »

Kata kunci pencarian:

proses memori, memori psikologi, psikologi memori, pengertian memori dalam psikologi, psikologi ingatan, psikologi imajinasi, proses memori manusia, ingatan psikologi, teori memori psikologi, teori psikologi tentang memori, memori psikologi umum, makalah psikologi tentang memori, Imajinasi psikologi, kajian psikologi imajinasi, defenisi elementaristik, arti elementaristik

Psikologi Aliran Gestalt

Max Wertheimer (1880-1943) seorang yang dipandang sebagai pendiri dari Psikologi Gestalt, tetapi ia bekerjasama dengan dua temannya, yaitu Kurt Koffka (1886-1941) dan Wolfgang Kohler (1887-1967). Ketiga tokoh ini mempunyai pemikiran yang sama atau searah. Kata Gestalt sesungguhnya sudah ada sebelum Wertheimer dan kawan-kawan menggunakannya sebagai nama. Palland (dari Belanda) mengatakan bahwa pengertian Gestalt sudah pernah dikemukakan pada jaman Yunani Kuno. Menurut Palland : Plato dalam uraiannya mengenai ilmu pasti (matematika), telah menunjukkan bahwa dalam kesatuan bentuk terdapat bagian-bagian atau sifat-sifat yang tidak terdapat (tidak dapat terlihat) pada bagian-bagiannya.

Watson sebagai tokoh aliran behaviorisme menentang Wundt (strukturalisme), sementara itu di Jerman juga terjadi arus yang menentang apa yang dikemukakan oleh Wundt dan Tithecener atau kaum strukturalis pada umumnya, yaitu aliran Gestalt yang dipelopori oleh Max Wertheimer dengan artikelnya “On Apparent Movement”, yang terbit pada tahun 1912. Aliran ini juga menentang aliran behaviorisme yang mempunyai pandangan yang elementaristik.

Read the rest of this entry »

Kata kunci pencarian:

aliran gestalt, aliran psikologi gestalt, aliran gestalt dalam psikologi, psikologi gestalt, teori max wertheimer, teori gestalt dalam psikologi, contoh aliran psikologi gestalt, pengertian psikologi gestalt, aliran gestal, aliran gestalt psikologi, psikologi behavior menentang psikologi kognitif, psikologi_aliran gestalt, teori belajar kognitivistik teori gestal, aliran gestalt dipelopori oleh, inti dari aliran gestalt dalam psikologi

ALIRAN BEHAVIORISME

Behaviorisme adalah sebuah aliran dalam psikologi yang didirikan oleh John B. Watson pada tahun 1913 yang berpendapat bahwa perilaku harus merupakan unsur subyek tunggal psikologi. Behaviorisme merupakan aliran revolusioner, kuat dan berpengaruh, serta memiliki akar sejarah yang cukup dalam. Behaviorisme lahir sebagai reaksi terhadap introspeksionisme (yang menganalisis jiwa manusia berdasarkan laporan-laporan subjektif) dan juga psikoanalisis (yang berbicara tentang alam bawah sadar yang tidak tampak).

Read the rest of this entry »

Kata kunci pencarian:

aliran behaviorisme, behaviorisme, psikologi behaviorisme, aliran psikologi behaviorisme, aliran behavioristik, pengertian behaviorisme, psikologi behavioristik, pengertian aliran behaviorisme, aliran behaviorisme dalam psikologi, aliran behavior, behavioristik, aliran psikologi behavioristik, behaviorisme psikologi, definisi sensasi, arti behaviorisme, definisi behaviorisme, pengertian sensasi, sensasi dalam psikologi, sensasi psikologi, aliran behavioris