Kepercayaan Mitologis Terhadap Pusaka Keris

Dunia pusaka keris adalah dunia yang sangat menarik untuk dikaji. Mengapa demikian? Tak bisa dipungkiri, banyak orang yang pro kontra terhadap benda peninggalan budaya yang satu ini. Ada banyak mitos yang berkembang di sekitarnya, ada pula yang menafikannya dan menganggapnya suatu hal yang tidak penting.

Salah satu mitos yang berkembang pada keris adalah keberadaannya yang digunakan sebagai jimat. Dengan beredarnya mitos-mitos tersebut di sekitar keris, dengan mempertimbangkan bahwa berkembangnya mitos-mitos yang tidak benar atau tidak dipahami secara benar dapat menyebabkan salah satu benda budaya khas peninggalan Indonesia ini akan dijauhi oleh anak-anak bangsanya sendiri, peneliti bermaksud untuk meneliti mitos-mitos yang berkembang di dunia keris dengan langsung bersinggungan dengan para pemilik keris tersebut. Lebih jelasnya, peneliti bermaksud untuk meneliti kepercayaan para subyek terhadap keris-keris atau benda-benda pusaka lain yang mereka miliki.

Subyek pertama yang peneliti wawancarai adalah BS beserta istrinya D di rumah mereka. Wawancara dilakukan pada tanggal 29 Oktober 2012. BS adalah seorang kolektor dan pedagang keris. Sedang pekerjaan utamanya adalah sebagai polisi Pamong Praja di salah satu daerah di Jawa Timur. Beliau mendapatkan keris dan barang-barang peninggalan lainnya dari desa-desa atau teman sesama kolektor.
BS menuturkan bahwa dirinya menyukai barang-barang antik sejak kecil. Barang-barang tersebut tidak terbatas pada keris, tapi juga jenis batu-batuan yang indah, serta benda-benda unik lainnya seperti pring patil lele. BS mengatakan bahwa dirinya menyukai barang-barang antik karena naluri sendiri, bukan karena orang tuanya menyukai hal yang serupa.

Keris bisa dinilai dari dua sisi. Pertama dari bentuk dan ornamen-ornamen hiasannya. Kedua, dari qodam atau isi dari keris tersebut. Yang peneliti gali lebih dalam adalah mengenai qodam dan pengalaman-pengalaman BS terkait dengan pusaka-pusaka tersebut. Menurut BS, semua keris buatan empu pasti ada qodamnya.

Read the rest of this entry »

Kata kunci pencarian:

yhs-1, Kegunaan keris korowelang, kegunaan keris sombro, keris tindih, tombak korowelang, sejarah keris korowelang, keris koro welang, keris korowelang, keris sombro, jurnal psikologi klinis pdf, pusaka tindih, pusaka koro welang, Tombak koro welang, koro welang, tuah tombak korowelang, Khasiat keris sombro, khasiat keris ular kobra, keris pusaka, fungsi tombak korowelang, fungsi keris sombro