KEPRIBADIAN TIPE A DAN B

Kepribadian mempunyai banyak pengertian yang disebabkan dalam penyusunan teori, penelitian, dan pengukuran dari beberapa ahli.

Menurut Kartono (1979:8) kata personality berasal dari bahasa latin persona yang artinya kedok atau topeng. Topeng ini biasanya digunakan oleh pemain teater Yunani untuk memerankan satu bentuk tingkah laku dan karakter tertentu. Personality juga berasal dari personare yang artinya menembus, maksudnya dengan menggunakan topeng dapat menembus keluar untuk mengekspresikan satu bentuk tingkah laku tertentu. Pesona merupakan gambaran salah satu bentuk atau tipe individu tertentu.

Jung (dalam Kartono, 1979:8) menyatakan pesona itu merupakan topeng bagi individu sepanjang hidupnya yang berfungsi sebagai benteng pelindung untuk menutupi dan melindungi diri sendiri agar mempunyai penampilan yang menyenangkan dan lebih baik.

Allport (Suryabrata, 1995: 248) kepribadian adalah organisasi dinamis dan sistem psikofisik individu yang menentukan tingkah laku dan pemikiran individu secara khas. Kepribadian juga merupakan sesuatu yang terdapat dalam diri individu yang membimbing dan memberi arahan pada tingkah laku individu.

Attkinson dkk (1987: 258) mendefinisikan kepribadian sebagai pola pikiran, emosi dan perilaku yang berbeda dan karakteristik yang menentukan gaya personal inidividu dan mempengaruhi interaksinya dengan lingkungan.

selengkapnya “Kepribadian Tipe A dan B”

Kata kunci pencarian:

kepribadian tipe A, pengertian perfeksionis, kepribadian tipe a dan b, tipe kepribadian a dan b, tipe kepribadian A, tipe kepribadian b, perilaku tipe a, teori perfeksionis, teori tipe perilaku a dan b, pengertian kepribadian tipe b, pengertian kepribadian tipe A dan B, teori tipe perfeksionis, pengertian kepribadian tipe A, kepribadian tipe a dan b adalah, jelaskan yang dimaksud dengan kepribadian tipe a dan b

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>