Teori Anne Roe tentang Kepribadian dan Perilaku Okupasional

Ann Roe adalah seorang guru besar di University of Arizona. Salah satu teori yang dihasilkan oleh Ann Roe adalah tentang pilihan jabatan yang akan coba kita bahas berikut ini.

Menurut Osipow, teori Osipow memiliki tiga komponen penting, yaitu :

  1. Penggunaan konsep kanalisasi energi psikis dan bahwa pengalaman - pengalaman pada masa anak- anak awal mungkin berhubungan dengan pilihan vokasional.
  2. Teori hirarki kebutuhan Maslow.
  3. Pengaruh genetik terhadap keputusan- keputusan vokasional.

Secara umum teori Roe sendiri memiliki dua taraf, yaitu:

  1. Latar belakang genetik setiap individu mendasari kemampuan dan minat- minat yang pada gilirannya berhubungan dengan pilihan vokasional.
    tiap individu dalam menggunakan enegi psikisnya tidak sepenuhnya berada dalam kontrolnya yang pada akhirnya secara genetik berpengaruh dalam perkembangan kemampuan- kemampuan individu. Jika dihubungkan dengan energi psikis dalam waktu yang sama berkembang pula keunggulan - keunggulan kebutuhan.
    faktor - faktor genetik dan hirarki- hirarki kebutuhan secara bersama- sama mempengaruhi pilihan vokasional.
  2. Perkembangan pola- pola dan kekuatan- kekuatan kebutuhan pokok yang dipengaruhi oleh pengalaman masa kanak- kanak. Berkaitan dengan ini muncul 3 proporsi khusus :
    • Kebutuhan-kebutuhan yang terpuaskan secara rutin tidak menjadi motivator yang tidak disadari.
    • Kebutuhan-kebutuhan untuk jenjang yang lebih tinggi (ex: kebutuhan aktualisasi diri) akan tidak muncul sama sekali jika jarang terpuaskan. Sebaliknya kebutuhan yang berada pada jenjang yang lebih rendah justru akan menjaadi motivator dominan jika jarang terpuaskan.
    • Kebutuhan- kebutuhan yang terpuaskan setelah tertunda agak lama akan menjadi motivator yang tidak disadari pada situasi tertentu.

Download “Teori Anne Roe tentang Kepribadian dan Perilaku Okupasional” selengkapnya dalam format PDF

Kata kunci pencarian:

anne roe, teori perkembangan kepribadian anne roe, Anna Roe artikel indonesia, teori psichoanalytic roe, teori pilihan jabatan ann roe, teori osi pow, penjelasan anne roe, konsep psikologi vokasional, konsep dasar teori perkembangan kepribadian anne roe, kelemahan dan kelebihan teori anne roe, anne roe latar belakang genetik, bently vokasional, definisi psikologi vokasional, teori pemilihan vokasional anne roe, kajian mengenai roe, kelebihan KARIR ANNE ROE, pengertian psikologi vokasional, makalah teori vokasional, teori teori konseling karir khusus teori perkembangan kebribadian ANNE ROE

One Response to “Teori Anne Roe tentang Kepribadian dan Perilaku Okupasional”

  1. kajian psikologi | denoputra39 Says:

    [...] Teori Anne Roe tentang Kepribadian dan Perilaku Okupasional [...]


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>