Sebab-sebab Kecemasan yang dialami Ibu Hamil

Kehamilan dapat dibagi menjadi 3 trimester yaitu trimester 1, trimester 2, dan trimester 3, pada tiap trimester tersebut wanita hamil akan mengalami perubahan-perubahan fisik. Perubahan fisik tersebut dapat menimbulkan kecemasan. Kecemasan terhadap perubahan fisik pada trimester 1 yaitu mual-mual, muntah-muntah, pusing, cepat lelah dan capek. Sedangkan perubahan psikologisnya adalah wanita hamil mudah marah, mudah tersinggung, dan sebagainya pada trimester 1 wanita hamil lebih cemas dan takut akan keguguran. Hal ini dikarenakan pada fase ini perkembangan bayi belum terlihat jelas dan lemah.

Pada trimester ke-2 ibu hamil biasanya sudah bisa menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada trimester 1. Ibu hamil pada trimester ke-2 mulai merasakan adanya gerakan janin di dalam perutnya. Apabila wanita hamil tidak dapat merasakan gerakan-gerakan bayi dalam kandungannya maka akan muncul kecemasana. Kecemasan ini berasal dari ketakutan ibu hamil akan berkembangnya janin yang ada di dalam perutnya. Apakah bayi yang ada di dalam kandungannya masih hidup atau mengalami suatu gangguan. Pada wajah ibu hamil juga akan muncul bercak kecoklatan pada kulit hidung dan pipi. Wanita hamil yang selalu memperhatikan kecantikan wajahnya akan merasa cemas dengan kecantikannya.

Selengkapnya dapat di klik di sebab-sebab kecemasan ibu hamil

Kata kunci pencarian:

kecemasan ibu hamil, pengertian status anxiety, ketakutan ibu hamil, psikologi fisiologis, Anxiety bagi ibu hamil, Anxiety bgi ibu hamil, pengertian anxieta pada ibu hamil

One Response to “Sebab-sebab Kecemasan yang dialami Ibu Hamil”

  1. baju dan perlengkapan bayi Says:

    Naturally karena perubahan hormonal seorang ibu hamil bisa mengalami kecemasan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya bila semua orang terutama dari lingkungan keluarga bisa kooperatif menjaga perasaan seorang ibu hamil sehingga tidak menambah kecemasan dalam dirinya. Nice article :)


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>