Bahasan tentang Persepsi

Menurut De Vito (1997:75), persepsi adalah proses ketika kita menjadi sadar akan banyaknya stimulus yang mempengaruhi indera kita. Gulo (1982:207) mendefinisikan persepsi sebagai proses seseorang menjadi sadar akan segala sesuatu dalam lingkungannya melalui indera-indera yang dimilikinya. Rakhmat (1994:51) menyatakan bahwa persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Dan menurut Atkinson, persepsi adalah proses saat kita mengorganisasikan dan menafsirkan pola stimulus dalam lingkungan.

Dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi adalah integrasi sensasi, integrasi dari pengalaman yang ditimbulkan oleh stimulus sederhana. Bila dikaitkan dengan proses sensorik khususnya pada tingkat biologis, proses persepsi adalah proses perseptual, proses yang berkaitan dengan sistem saraf pusat, dimana terjadi pengolahan informasi terhadap stimulus yang terseleksi dengan sadar yang masuk melalui proses sensorik.

Proses pertama dalam persepsi yaitu menerima rangsangan atau stimulus dari berbagai sumber. Kebanyakan stimulus diterima melalui alat/panca indera. Sebelum stimulus terintegrasi menghasilkan persepsi, pada saat pengolahan informasi terdapat seleksi stimulus secara sadar. Berbagai stimulus yang diterima oleh indera tidak semuanya masuk dalam kesadaran. Proses kita memilih stimulus yang akan mendapat perhatian tersebut disebut atensi selektif. Atensi dibedakan atas: (1). fokus dan margin; (2). melihat selektif; (3). mendengar selektif; (4). pemilihan awal dan lambat; (5). menggabungkan ciri.

Atensi yang bersifat fokus adalah atensi terhadap apa yang jelas kita alami atau rasakan. Sedangkan margin adalah stimulus yang terabaikan.

Kata kunci pencarian:

pengertian stimulus, persepsi psikologi, persepsi dalam psikologi, psikologi persepsi, pengertian stimulus dalam psikologi, persepsi adalah, definisi stimulus, psikologi otak, stimulus dalam psikologi, hubungan psikologi dengan proses sensorik, tentang persepsi, pengertian stimuli, arti stimulus, proses sensorik dalam psikologi, pengertian persepsi dalam psikologi, persepsi menurut psikologi, persepsi dalam psikologi umum, persepsi psikologi umum, artikel persepsi, atensi selektif

One Response to “Bahasan tentang Persepsi”

  1. tiarma bernadenta Says:

    pak/bu tolong di jelaskan lebih dalam dan lebih luas lagi mengenai psikologi. karena aku secara tidak langsung merasa cocok dengan ilmu ilmu yang berhubungan dengan psikologi tapi, saya sendiri tak tahu mengapa memilih jurusan ips di sma. jadi saya minta tolong pak/bu tolong berikan pendapat atau saran yang mungkin bisa mengarahkan saya ke jalan yang mungkin pantas untuk saya jalani. terima kasih.


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>