Pengertian Kecemasan (anxiety)

Kecemasan atau dalam Bahasa Inggrisnya “anxiety” berasal dari Bahasa Latin “angustus” yang berarti kaku, dan “ango, anci” yang berarti mencekik.

Menurut Freud (dalam Alwisol, 2005:28) mengatakan bahwa kecemasan adalah fungsi ego untuk memperingatkan individu tentang kemungkinan datangnya suatu bahaya sehingga dapat disiapkan reaksi adaptif yang sesuai.. Kecemasan berfungsi sebagai mekanisme yang melindungi ego karena kecemasan memberi sinyal kepada kita bahwa ada bahaya dan kalau tidak dilakukan tindakan yang tepat maka bahaya itu akan meningkat sampai ego dikalahkan.

Taylor (1995) mengatakan bahwa kecemasan ialah suatu pengalaman subjektif mengenai ketegangan mental yang menggelisahkan sebagai reaksi umum dan ketidakmampuan menghadapi masalah atau adanya rasa aman. Perasaan yang tidak menyenangkan ini umumnya menimbulkan gejala-gejala fisiologis (seperti gemetar, berkeringat, detak jantung meningkat, dan lain-lain) dan gejala-gejala psikologis (seperti panik, tegang, bingung, tak dapat berkonsentrasi, dan sebagainya). Perbedaan intensitas kecemasan tergantung pada keseriusan ancaman dan efekivitas dari operasi-operasi keamanan yang dimiliki seseorang. Mulai munculnya perasaan-perasaan tertekan, tidak berdaya akan muncul apabila orang tidak siap menghadapi ancaman.

Download makalah “Pengertian Kecemasan (anxiety)”, selengkapnya dalam format PDF

Kata kunci pencarian:

pengertian anxiety, definisi kecemasan, pengertian kecemasan, definisi anxiety, arti anxiety, definisi cemas, makalah tentang kecemasan, teori anxiety, yhs-004, tingkat kecemasan menurut who, laporan pendahuluan kecemasan, makna anxiety, defenisi kecemasan, arti anxious, arti kecemasan, anxiety artinya, definisi anxietas, ANXIETY arti, pengertian kecemasan menurut who, artikel kecemasan

One Response to “Pengertian Kecemasan (anxiety)”

  1. sandie Says:

    ilmunya bermanfaat sangat bermanfaat..izin copas..tak bantu menyebarkan..thanks


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>